Fakultas Seni Rupa dan Desain

Just another WordPress site

Sejarah Singkat FSRD Usakti

Pendirian Fakultas Seni Rupa dan Desain berawal dari didirikannya Departemen Seni Rupa sebagai bagian dari Fakultas Teknik Universitas Trisakti pada tahun 1969 bersama dengan Departemen Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Arsitektur. Pada tahun 1974 Departemen Seni Rupa di lingkungan Fakultas Teknik diubah menjadi Jurusan Seni Rupa yang mempunyai Sub Jurusan Arsitektur Interior, Industrial Design dan Seni Lukis. Pada tahun 1978 secara resmi Sub. Jurusan Seni Lukis ditutup. Bersamaan dengan itu dibentuk Sub. Jurusan Desain Grafis yang pada saat itu mulai diminati masyarakat dan melihat kepada permintaan pasar.

Peminat terhadap Fakultas Teknik semakin tinggi dan jumlah mahasiswanya bertambah banyak sehingga perlu dilakukan pengelompokan disiplin ilmu. Berdasarkan kondisi itu maka Jurusan Teknik Arsitektur, Sipil dan Seni Rupa digabungkan menjadi satu Fakultas, yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dengan Jurusan Teknik Arsitektur, Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Seni Rupa dan Desain. Ditahun yang sama Sub. Jurusan berubah menjadi Program Pengutamaan Studi (PPS), yaitu PPS Desain Interior, PPS Desain Produk Industri dan PPS Desain Grafis.

Tahun 1996 Jurusan Desain berkembang menjadi Fakultas Seni Rupa dan Desain berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 431/Dikti/Kep/1995. FSRD mempunyai 2 jurusan, yaitu Jurusan Desain dan Jurusan Seni Rupa. Jurusan Desain mempunyai 3 program studi, yaitu Program Studi Desain Interior, Program Studi Desain Produk dan Program Studi Desain Komunikasi Visual, adapun Jurusan Seni Rupa mempunyai Program Studi Fotografi yang pernah memiliki PPS Video-Film.

Pada Tahun 2007 Fakultas memiliki Program Diploma Tiga (D3) Desain Komunikasi Visual dan masih bertahan hingga saat ini walaupun dengan jumlah mahasiswa yang masih sangat terbatas.
Pada tahun 2009 Fakultas memiliki Program Pasca Sarjana (S2) Desain dan merupakan Program Pasca Sarjana yang berorientasi Desain pertama di Universitas Swasta di Jakarta.

Pada pertengahan tahun 2013, struktur organisasi yang terdiri dari Fakultas, Jurusan dan Program Studi memutuskan untuk membubarkan Jurusan, karena efisiensi dan dalam meningkatkan kinerja program studi. Sedangkan Program Studi Desain Produk membuka 3 (tiga) Program Pengutamaan Studi (PPS) yang terdiri dari PPS. Desain Produk Umum, PPS. Desain Transportasi dan PPS. Desain Kriya.