Fakultas Seni Rupa dan Desain

Just another WordPress site

Sistem Pengajaran

Proses belajar mengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain disesuaikan dengan disiplin ilmu dengan menekankan proses student centered learning. Selain memberikan masukan, dosen sebagai motivator mahasiswa untuk mengembangkan dirinya. Hal ini dilakukan berdasarkan karakter disiplin ilmu desain dan perkembangan desain yang terus menerus dan tidak ada hentinya, sehingga dosen harus senantiasa memotivasi mahasiswa untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan budaya dan masyarakat.

Mata kuliah dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mata kuliah teori dan praktika. Mata kuliah teori sebagai dasar filosofi dan pengetahuan untuk menunjang praktika. Mata kuliah teori dilaksanakan dengan cara tutorial, tatap muka dan diskusi. Mata kuliah praktika merupakan perpaduan antara tutorial dan bimbingan, konsultasi, baik bersifat individual maupun kelompok.

Proses belajar mengajar melibatkan komponen mahasiswa, dosen, kurikulum, sarana dan prasarana. Kelima komponen tersebut harus senantiasa berjalan dengan baik dan saling mengisi. Mahasiswa harus mendapat ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan karakter disiplin ilmu dan pendukungnya. Ilmu pengetahuan tersebut harus diperoleh dari dosen, buku dan pengalamannya sendiri. Berdasarkan hal tersebut, dosen harus selalu meningkatkan ilmu pengetahuan yang up to date, sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk mendukung kelancaran proses, sarana prasarana harus selalu tersedia dalam keadaan siap untuk digunakan.